Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Mind Mapping Pada Materi Ragam Penyakit Hati (Nifaq, Gadhab, Qaswah Al-Qalb) Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XII Di MAN 1 Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Yuli Ernawati MAN 1 Kabupaten Gorontalo

Keywords:

Mind Mapping, Ragam Penyakit Hati, Nifaq, Gadhab, Qaswah al-Qalb, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ragam Penyakit Hati (Nifaq, Gadhab, Qaswah Al-Qalb) Mata Pelajaran Akidah Akhlak Fase F Kelas XII Agama Di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Agama MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi ragam penyakit hati. Metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui metode Mind Mapping. Hasil penelitian setelah diterapkannya metode pembelajaran mind mapping pada siklus I hasil belajar individu meningkat yakni dengan untuk nilai rata-rata adalah 76,5 dan ketuntasan klasikal 73%. Demikian pula tes hasil belajar kelompok. Dimana nilai rata-rata yang diperoleh 80,3 dengan nilai ketuntasan klasikal 66,6% dengan kategori baik. Meskipun hasil belajar individu maupun kelompok pada siklus satu dengan menggunakan metode mind mapping sudah meningkat dan masuk dalam kategori baik, namun peningkatan hasil belajar tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga penelitian ini dilanjutkan pada ke siklus berikutnya. Pada siklus II hasil belajar individu maupun kelompok dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping hasil belajar meningkat dengan kategori sangat baik, dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yang di tetapkan yakni, nilai rata-rata 80 dan ketuntasan klasikial 85. Setelah diterapkanya model pembelajaran mind mapping pada siklus II, untuk hasil belajar individu diperoleh nilai rata-rata 84,5 dengan nilai ketuntasan kelas 88,4%.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Ernawati, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Mind Mapping Pada Materi Ragam Penyakit Hati (Nifaq, Gadhab, Qaswah Al-Qalb) Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XII Di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–12. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4013