Peningkatan Kualitas Ibadah Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Adab Shalat Dan Zikir Kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang

Authors

  • Usman Usman MTs Yapni Bonto Tappalang

Keywords:

Kualitas Ibadah, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah  peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning di kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang pada materi adab sholat dan zikir berdasarkan latar belakang pendidikan sebelumnya. dengan menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi agar mempermudah memahami peristiwa-peristiwa dan kaitan yang terjadi dilapangan dengan melakukan pegamatan terhadap upaya yang dilakukan Guru kepada peserta didik kelas VII, dan pengamatan penerapannya dari peserta didik yang berlatar belakang dari Pendidikan SD/MI. Di MTs Yapni Bonto Tappalang. Sehingga ditemukan hasil yang diketahui bahwa guru-guru di MTS tersebut telah berupaya untuk meningkatkan kualitas ibadah  peserta didik kelas VII yang berlatar belakang dari Pendidikan SD/MI. agar terbiasa menerapkan adab sholat dan zikir dengan memberikan pelatihan yang berkaitan tentang ibadah sholat saat belajar materi adab shalat dan zikir di kelas dan setelah shalat berjamaah di Masjid, serta kesempatan untuk melaksanakan sholat dhuha dengan prosedur yang ditentukan.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Usman, U. (2023). Peningkatan Kualitas Ibadah Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Adab Shalat Dan Zikir Kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 13–22. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4016