Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Model Discovery Learning Materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji (Teguh Pendirian) Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Authors

  • Nasrullah Nasrullah MI Negeri 2 Hulu Sungai Tengah

Keywords:

Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji (Teguh Pendirian) mata pelajaran Akidah Akhlak melalui model Discovery Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C MIN 2 Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji (Teguh Pendirian). Sebelum diterapkannya model Discovery Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 2 siswa (16%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 5 siswa (66%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 95. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Nasrullah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Model Discovery Learning Materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji (Teguh Pendirian) Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 23–34. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4017