Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Demonstrasi Materi Thaharah Kelas VII SMPN 5 Satap Baraka

Authors

  • Muhardi Muhardi SMPN 5 Satap Baraka

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Thaharah

Abstract

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI kelas VII SMPN 5 Satap Baraka tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research (studi lapangan) yang berbentuk kualititatif dengan mengggunakan metode deskriptif. Adapun subyek dalam penelitian ini ada dua, yang pertama informan kunci. Dalam hal ini dilakukan analisis hasil pemahaman siswa dari materi yang dipelajari untuk tiap siklusnya, yaitu semakin meningkatnya penguasaan terhadap materi yang disampaikan guru dalam bentuk ketuntasan belajar meningkat mulai dari siklus I, dan siklus II. Serta analisis hasil observasi kegiatan awal berupa aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung lebih semangat ketika menggunakan metode demonstrasi. Danuntuk hasil tes tiap siklusnya mengalami sebuah pengikatan, yaitu dari pra siklus sebesar 42%, siklus I sebesar 57,14%, serta sikuls II sebesar 85,71%. Penerapan model ini sudah dibuktikan dengan pendapat dari sebagian tokoh pendidikan yaitu Demonstration juga mengembangkan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan yang sedang disajikan, artinya pembelajaran metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan . Adapun hasil rata-rata tes pada tiap siklus dan tingkat pemahaman siswa pada tiap siklus yaitu pra-siklus dengan rata-rata 74,93, siklus I dengan 77,21 serta siklus II dengan hasil 89,07

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Muhardi, M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Demonstrasi Materi Thaharah Kelas VII SMPN 5 Satap Baraka. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 96–105. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4025