Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Bercerita Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna di Kelas VII MTs Al-Khairaat Salakan

Authors

  • Sudirman Suludani MTs Al-Khairaat Salakan

Keywords:

hasil belajar, Metode Bercerita, Akidah Akhlak, Asmaul Husna

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang masih kesulitan dalam menghafal serta memahami arti nama-nama Allah SWT dalam Asmaul husna, siswa kurang terlibat aktif siswa dalam proses pembelajaran, dan masih rendahnya nilai rata-rata peserta didik dalam mengusai materi asmaul husna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui proses Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Bercerita pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna di Kelas VII MTs Al-Khairaat Salakan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan atau peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perolehan nilai rata-rata siklus I  76.84 dan perolehan nilai rata- rata siklus II 85.39. Dengan persentase kenaikan nilai rata-rata keseluruhan pertemuan adalah sebesar 8.55%. Peserta didik juga menunjukkan keaktifannya dalam kelas pada saat proses pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode cerita dan selalu aktif menjawab pertanyaan lisan guru dan begitu pun sebaliknya peserta didik selalu aktif untuk bertanya terkait dengan tema pembelajaran, baik itu dalam memperhatikan penjelasan guru maupun pada saat diskusi kelompok. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil bahwa pembelajaran Akidah Akhlak khususnya pada materi Asmaul Husna menggunakan metode cerita lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Suludani, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Bercerita Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna di Kelas VII MTs Al-Khairaat Salakan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 133–140. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4052