PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA KITAB- KITAB ALLAH KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATUDAA PANTAI

Authors

  • Marten Sudirman SMP Negeri 02 Batudaa Pantai

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai, Kec. Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo,dengan penerapan model Problem Based Learning di semester 1 tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Batudaa Pantai, yang melibatkan 15 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen penelitian adalah tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparasi dengan presentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dilihat dari skor rata-rata. Skor rata-rata peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah ditunjukkan pada nilai rata-rata hasil belajar pada prasiklus dengan nilai rata-rata 62,67, pada siklus I meningkat menjadi 68,33 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 82,67. Dari segi Kriteria Ketuntasan Minimal pada prasiklus siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 33,33%, pada siklus I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,33%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dengan penerapan model Problem Based Learning meningkat secara signifikan, sehingga layak untuk diterapkan di SMP Negeri 2 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Sudirman, M. . (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA KITAB- KITAB ALLAH KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATUDAA PANTAI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–8. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5326