PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 05 ASPARAGA KAB. GORONTALO

Authors

  • Win N. Toe SDN 05 Asparaga

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningktan hasil belajar peserta didik di  kelas IV SD Negeri 05 Asparaga Kab. Gorontalo.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan sumber data yakni peserta didik kelas V SD Negeri 05 Asparaga Kabupaten Gorontalo yang dilaksanakan dalam 2 Siklus yang terdiri dari perencaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif model interaktif Milles dan Huberman melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan dengan menerapkan model pembelajaran tipe Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Asparaga Kabupaten Gorontalo. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus I dengan menggunakan model Problem Based Learning yakni pada aktivitas guru hanya memperoleh nilai sebesar 73% dengan beberapa item tindakan yang belum dilaksanakan secara maksimal sementara pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan 85%, pada penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I hanya mencapai 56% sementara pada siklus II sudah mencapai 95%. Dan pada aktivitas yang berkenaan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata ketuntasan mencapai 67% dan pada hasil tindakan siklus II mencapai 90 bahkan secara keseluruhan ketuntasan mencapai 100% keberhasilan pembelajaran.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Win N. Toe. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 05 ASPARAGA KAB. GORONTALO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 20–30. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5328