PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN GURU

Authors

  • Umar S. Usu SDN 15 Telaga Biru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada materi berbakti kepada orang tua dan guru melalui model pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase b SDN 15 Telaga Biru Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran berdiferensiasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi berbakti kepada orang tua dan guru. Sebelum diterapkannya model pembelajaran berdiferensiasi hasil belajar peserta didik hanya 7 peserta didik (30,4%) yang tuntas dalam pembelajaran. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 11 peserta didik (47,8%) yang tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 21 peserta didik (91,3%) tuntas dalam pembelajaran. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena penerapan metode ini yang responsif terhadap kebutuhan peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Umar S. Usu. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN GURU . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 120–131. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5343