MENINGKATKAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM PENERAPAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUMBER HUKUM ISLAM DI KELAS X SMA NEGERI 1 TELAGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sumber Hukum Islam di kelas X SMA Negeri 1 Telaga tahun pelajaran 2022/2023 melalui penerapan metode pembelajaran kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 70,5 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 68%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 85,2 dengan persentase ketuntasan mencapai 90%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Sumber Hukum Islam. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, yang berkontribusi pada hasil belajar yang lebih baik.