PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Marwati SMPS Islam Integral Limboto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Demonstrasi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPS. Islam Integral Limboto , yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Demonstrasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur. Sebelum diterapkannya metode Demonstrasi hasil belajar siswa secara klasikal tidak ada yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 60.0 (1,8%). Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak  4  siswa (33,3%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (87,9%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,7. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Marwati. (2022). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 350–362. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5368