UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN PADA MATERI RUKUN IMAN KELAS I DI SD NEGERI 08 TILANGO KECAMATAN TILANGO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode pembiasaan pada materi rukun iman. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil, baik dari pengamatan terhadap siswa siswa, hasil belajar siswa, maupun dari aktivitas guru pada saat mengajar. Pada hasil pengamatan terhadap siswa, di Siklus I tergolong cukup dengan rata- rata 76,34. Sedangkan pada Siklus II tergolong baik dengan rata- rata 80,56. Pada hasil observasi terhadap guru, pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata nilai 72,77. Sedangkan pada siklus II tergolong cukup namun terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 74,85. Sedangkan pada hasil belajar siswa, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (Posttest I) dengan persentasse ketuntasan sebesar 78,79 %. Pada post test di siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (Posttest II) dengan persentasse ketuntasan sebesar 100 %. Ini berarti terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 21,21 %.