MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SHALAT DHUHA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Authors

  • Amriani SD Inpres Layoa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil  belajar peserta didik pada materi shalat dhuha kelas IV SD Inpres Layoa 2) Untuk mengetahui model pembelajaran problem based  learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Inpres Layoa. Teori yang dipakai terdiri dari teori model pembelajaran PBL  dan teori hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas IV yang terdiri dari 10 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model PBL pada materi shalat dhuha peserta didik  kelas IV SD Inpres Layoa  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ke arah yang lebih baik. Pada siklus I terdapat 5 peserta didik  yang belum meningkat hasil belajarnya, jadi hasil rata-rata kemampuan peserta didik pada materi shalat dhuha secara klasikal mencapai 50%, sehingga kemampuan belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I sudah tercapai namun belum maksimal. Pada siklus II rata-rata kemampuan peserta didik dalam materi shakat dhuha meningkat menjadi 90%. Dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran PBL sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Amriani. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SHALAT DHUHA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 16–30. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5427