MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Eka Agustina SD Inpres Lonrong

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan, antara lain: “Untuk mengetahui hasil peningkatan terhadap pemahaman peserta didik kelas VI SDI Lonrong tentang materi beriman kepada hari akhir setelah diterapkan metode pembelajarannya melalui Mind Mapping di setiap siklus yang dilakukan”. Metode/jenis penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti yaitu metode penelitian tindakan kelas. Metode tersebut dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Subjek dari penelitian ini adalah fase Ck kelas VI SD Inpres  Lonrong, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianpada Penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Beriman Kepada Hari Akhir Fase C Kelas VI SD Inpres Lonrong  yang terbukti adanya peningkatan hasil penelitian pada setiap siklusnya. Peningkatan pemahaman peserta didik dimana pada pra siklus dengan rata-rata kelas 74,33, persentase ketuntasan 42% mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata-rata kelas 78,16 , persentase ketuntasan 66,67% dan pada siklus II dengan rata-rata kelas 88,83 persentase ketuntasan 83,33%. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan di atas 80%.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Eka Agustina. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 93–106. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5433