PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI RUKSHAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran materi Rukshah Puasa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPS IT Nur Khalifah Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Rukshah Puasa. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 1 peserta didik (10%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66.0. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 7 peserta didik (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.0. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.