MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HURUF HIJIYAH MELALUI AUDIO VIDEO DIKELAS 1 SD INPRES BORONG TARAMPANG KABUPATEN BANTAENG

Penulis

  • Fatmawaty Sd Inpres Borong Tarampang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar  peserta didik untuk memahami materi Huruf Hijaiyah  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas I SD Inpres Borong Tarampang  Bantaeng , Kab Bantaeng, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Audio  Video Vjsual  yang inovatif. Penelitian ini dilakukan di kelas I SD Inpres Borong Tarampang  Bantaeng , Kab Bantaeng, Karena penulis melihat kemampuan peserta didik terutama materi Huruf Hijaiyah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 56,8%, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan Audio Visual yang inovatif, kemampuan memahami materi Iman kepada hari akhir peserta didik meningkat. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi siklus pertama dengan rata-rata 77,72%, sedangkan hasil observasi pada siklus kedua dengan rata-rata 82,72%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Audio Visual  yang inovatif, dapat Meningkatkan Hasil  Belajar Peserta Didik pada Materi Huruf Hijaiyah Melalui Media Audio Visual  dikelas I SD Inpres Borong Tarampang Kab. Bantaeng.

Diterbitkan

2024-02-01

Cara Mengutip

Fatmawaty. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HURUF HIJIYAH MELALUI AUDIO VIDEO DIKELAS 1 SD INPRES BORONG TARAMPANG KABUPATEN BANTAENG . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 146–157. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5444