PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAy DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DUA KALIMAT SYAHADAT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Course Review Horay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dua kalimat syahadat di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase A. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas Fase A di sebuah sekolah dasar. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model Course Review Horay, dengan rata-rata nilai siswa meningkat dari 65 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Selain itu, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, terlihat dari aktivitas dan partisipasi mereka yang lebih aktif. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Course Review Horay terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dua kalimat syahadat.