MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL BACAAN SHALAT DENGAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJAN PENDIDIKAN AGAM ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat pada peserta didik kelas dua SD melalui metode drill. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: Bagaimana penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat pada siswa? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Penelitian ini melibatkan 25 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode drill dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir untuk mengukur peningkatan kemampuan menghafal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill secara signifikan meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat pada siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata pada tes akhir. Selain itu, penggunaan metode ini membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam proses pembelajaran agama di sekolah dasar, serta menginspirasi guru untuk menerapkan metode yang lebih efektif dalam mengajarkan bacaan shalat kepada siswa dengan cara yang menyenangkan.