Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Mengkaji Surah At Tin Melalui Penerapan Reward Dan Punisment Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN I Passi

Penulis

  • Sri Hastuti Mokoginta SDN I PASSI

Kata Kunci:

motivasi belajar, metode reward dan punishment, PAI dan Budi Pekerti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Peserta didik pada materi Mengkaji Surah At tin dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Reward dan Punisment. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN I PASSI  Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Reward dan punishment berhasil meningkatkan motivasi belajar pesertadidik pada materi mengkaji Surah At tin. Sebelum diterapkannya metode reward dan punisment motivasi belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 Peserta didik (25%) yang termotivasi dalam pembelajaran. Setelah diterapkannya metode reward dan punishment pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (36%) yang termotivasi dalam pembelajaran sedangkan 9 orang tidak termotivasi dalam pembelajaran dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik (99%) termotivasi dalam pembelajaran. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-05-01

Cara Mengutip

Mokoginta, S. H. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Mengkaji Surah At Tin Melalui Penerapan Reward Dan Punisment Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN I Passi. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 466–460. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5471