MENINGKATKAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SURAT AN-NASR MELALUI METODE MENGAJAR BEREGU KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Muriati SD 48 Kaloling

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode Mengajar Beregu di SD 48 Kaloling Kec. Gantaran Keke Kabupaten Bantaeng. Apakah penerapan metode Mengajar Beregu dapat meningkatkan hafalan siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode Mengajar Beregu pada siswa Kelas III di SD Inpres Kaloling Kec. Gantaran Keke Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2024/2025? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus persentase hafalan siswa, dinyatakan berhasil sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 90,55%. Hasil penelitian menunjukkan metode MengajarBeregu dapat meningkatkan hafalan siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode Mengajar Beregu pada siswa Kelas III di SD 48 Kaloling Kec. Gantaran Keke Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan Siklus I 80 % mengalami peningkatan dari pra penelitian (pre test) 69 % peningkatannya yaitu 11 %. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 20 % dari siklus 1.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Muriati. (2024). MENINGKATKAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SURAT AN-NASR MELALUI METODE MENGAJAR BEREGU KABUPATEN BANTAENG. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 455–464. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5472