MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TALKING CHIPS PADA MATERI ASMAUL HUSNAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Nur neni sulfiana SD Inpres Lonrong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna melalui penerapan metode Talking Chips dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas III SD Inpres Lonrong Banteng. Metode Talking Chips merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok dengan cara memberikan kesempatan berbicara yang adil kepada setiap anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Inpres Lonrong Banteng, Fase B, yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Chips secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna. Selain itu, metode ini juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memperkuat kemampuan komunikasi, serta mendorong kerjasama antar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode Talking Chips sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Nur neni sulfiana. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TALKING CHIPS PADA MATERI ASMAUL HUSNAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 493–504. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5475