PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI TEORI REKONSTRUKTIVISME DENGAN METODE PBL PADA MATERI MELESTARIKAN ALAM MENJAGA KEHIDUPAN MELALUI METODE PROBLEM BASSED LEARNING

Penulis

  • Sohra SMP Negeri 4 Bissappu

Abstrak

Penelitian ini bertujuang untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik Pada Materi melestarikan alam menjaga kehidupan Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini  termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subyek Penelitian ini adalah fase D2 SMP Negri 4 Bissappu kelas V11 ,yang terdiri dari 20 oarang peserta didik Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode angket. Hasil dari penelitian dari impelementasi teori konstruktivisme dengan metode problem bassed learning, berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik  pada materi melestraikan alam menjaga kehidupan , sebelum di penerapan teori belajar  Rekonstruktivisme dengan metode problem bassed learning motivasi belajar peserta didik berada di bawah rata-rata yaitu 80% pesertadidik memiliki motiasi belajar yang kurang aktif dan kurang berminat mengikuti pembelajaran dan setelah di terapkan teori belajar rekonstruktivisme dengan metode  problem bassed learning. Pada siklus pertama masih ada beberapa  peserta didik yang masih kurang aktif dan belum meningkat motivasi belajarnya namun di siklus ke dua  terjadi peningkatan motivasi belajar  yang cukup signifikan dalam materi ajar melestarikan alam menjaga kehidupan.

Diterbitkan

2022-11-01

Cara Mengutip

Sohra. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI TEORI REKONSTRUKTIVISME DENGAN METODE PBL PADA MATERI MELESTARIKAN ALAM MENJAGA KEHIDUPAN MELALUI METODE PROBLEM BASSED LEARNING. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 814–820. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5487