Penerapan Pendekatan PBL Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Wajib Allah di Kelas 3 SD Negeri 3 Airmadidi
Keywords:
minat siswa, metode Role PlayingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa kelas 3 SD Negeri 3 Airmadidi terhadap materi sifat-sifat wajib Allah melalui pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Negeri 3 Airmadidi Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Role Playing berhasil meningkatkan minat siswa pada materi mengenal sifat-sifat wajib Allah (wujud, Qidam, Baqa, mukhlafatul lil hawaditsi dan Qiyamuhu Binafsihi Sebelum diterapkannya metode Role Playing Minat belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa, yang diukur melalui kuesioner dan observasi aktivitas kelas. Selain itu, siswa menjadi lebih antusias dan terlibat dalam diskusi kelompok serta tugas-tugas yang diberikan. Dengan demikian, pendekatan PBL terbukti efektif dalam meningkatkan minat siswa terhadap materi sifat-sifat wajib Allah, serta dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran di kelas yang lebih menarik dan interaktif.