Penerapan Metode Cooperative Script untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas II Materi Perilaku Akhlak Terpuji Hormat dan Patuh SD Muhammadiyah Molibagu
Keywords:
Metode Cooperative Script, Pemahaman SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perilaku akhlak terpuji, khususnya sikap hormat dan patuh, melalui penerapan metode Cooperative. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Molibagu Tahun Ajaran 2022/2023. Metode Cooperative Script dipilih karena kemampuannya dalam mendorong partisipasi aktif dan kolaboratif antar siswa, yang diharapkan dapat menguatkan pemahaman mereka mengenai materi akhlak terpuji. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan beberapa siklus pembelajaran, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Script diterapkan pada siklus I sebanyak 10 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, metode ini dapat direkomendasikan sebagai strategi efektif dalam pengajaran nilai-nilai akhlak terpuji di tingkat sekolah dasar