Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Q.S Al Maun Di Kelas V Sd Negeri 1 Bulawan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

Authors

  • Abdurrahman Wahyudi SDN 1 Bulawan

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Proses belajar mengajar atau disebut juga pembelajaran merupakan realisasi dari konsep-konsep dalam pendidikan. Supaya dapat mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan, sangat  diperlukan adanya suatu sistem lingkungan yang mendukung tercapainya. Sistem lingkungan yang dimaksud salah satunya adalah adanya strategi pembelajaran sebagai salah satu faktor yang diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan belajar itu sendiri, selain faktor-faktor lainnya seperti; ketersediaan media pembelajaran, kesiapan psikologis baik siswa maupun guru dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD N 1 Bulawan. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan dua siklus untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran Cooperative learning dengan metode yang digunakan yaitu metode picture and picture dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Wahyudi, A. (2023). Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Q.S Al Maun Di Kelas V Sd Negeri 1 Bulawan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 699–711. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5507