PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terkait materi Asmaul Husna di kelas 11 SD Inpres Paranga. Metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah Index Card Match, yang mendorong siswa untuk bekerja sama dan bertanggung jawab atas pembelajaran mereka agar tetap dalam suasana yang menyenangkan. Metode pembelajaran ini menekankan peserta didik untuk saling membantu dalam menyelesaikan pertanyaan dan saling melemparkan pertanyaan kepada pasangan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama, hasil belajar peserta didik menunjukkan banyak yang belum memenuhi standar kelulusan dalam materi Asmaul Husna. Namun, pada siklus kedua, terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan. Dengan demikian, penerapan metode Index Card Match terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik terhadap materi Asmaul Husna. Penelitian ini menegaskan pentingnya metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.