MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG KISAH TELADAN NABI AYYUB MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Kisah Teladan Nabi Ayyub pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Audio Visual. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A kelas II SD Negeri 51 Gangangbaku, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui metode Audio Visual berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Kisah Teladan Nabi Ayyub. Sebelum diterapkannya metode audio visual untuk meningkatkan pemahaman peserta didik secara klasikal hanya 2 peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 3 peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 peserta didik (90%) yang memperoleh nilai sangat baik dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.