MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI ZAKAT MELALUI KOLABORATIF BELAJAR KELAS V

Authors

  • Sukardi SDN 27 Pundingin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada materi zakat, 8 kelompok penerima zakat pada Fase C Kelas 5 SDN 27 Pundingin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah Peserta didik kelas 5 berjumlah 10 Peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas 5 SDN 27 Pundingin dapat ditingkatkan melalui kolaboratif. Peningkatan capaian pembelajaran tentang zakat, 8 kelompok penerima zakat mahaPeserta didik dapat dilihat pada hasil observasi penelitian pra-siklus yang diperoleh 31% berada pada kriteria untuk mulai berkembang. Hal ini terlihat dari peningkatan capaian pembelajaran setelah penerapan metode pembelajaran kolaboratif, yang terletak pada siklus pertama, persentase rata-rata 56% berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Pada siklus II, diperoleh persentase yang mulai meningkat dari siklus sebelumnya, yaitu persentase rata-rata 82% diperoleh pada kriteria Very Good Development, yang telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti sebelumnya, yaitu 80%.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Sukardi. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI ZAKAT MELALUI KOLABORATIF BELAJAR KELAS V. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 732–742. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5520