Model Cooperation Practice Rehearsal Pairs Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Tata Cara Pelaksanaan Shalat Di Kelas III SD IT An Nahl Kotamobagu

Penulis

  • Firli Agesti Paguna SDIT An-Nahl Kotamobagu

Kata Kunci:

Pemahaman, metode tipe Practice Rehearsal Pairs, Tata cara shalat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakn pemahaman peserta didik tentang tata cara shalat menggunakan model tipe Practice Rehearsal Pairs. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah fase B Kelas III SDIT An-Nahl Kotamobagu semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode tipe practice Rehearsal Pairs di siklus I masih sangatlah rendah yaitu dengan jumlah 9 dengan presentase 56%. Di siklus II terdapat peningkatan dengan jumlah 14 dengan persentase 88%. Pemahaman  peserta didik pada materi pelaksanaan tata cara shalat pada siklus I menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 peserta didik dengan persentase 25 % dan belum tuntas 21 peserta didik dengan persentase 75 % dengan rata-rata nilai sebesar 73. Dan siklus II menunjukkan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 25 peserta didik dengan presentase 89% dengan rata-rata nilai sebesar 82. Oleh karena itu pemahaman peserta didik tentang tata cara shalat pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan tipe Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang tata cara shalat

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Agesti Paguna, F. (2023). Model Cooperation Practice Rehearsal Pairs Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Tata Cara Pelaksanaan Shalat Di Kelas III SD IT An Nahl Kotamobagu. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 665–677. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5523