Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Al-Afuww Kelas III SD Negeri 2 Lolan

Penulis

  • Saleha Mokodompit SDN 2 Lolan

Kata Kunci:

Hasil Belajar, PAI, Asmaul Husna AL- Afuww, Make a Match

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang dilakukan penulis di kelas III SDN 2 Lolan yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut belum menggunakan model pembelajaran inovasi yang memanfaatkan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif, kurang bersemangat dan menganggap bahwa mata pelajaran PAI adalah pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas III SDN 2 Lolan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 2 Lolan yang terdiri dari 18 siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat dilihat dari nilai rata-rata prasurvey yaitu dengan ketuntasan belajar 27,77%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata dengan ketuntasan belajar 72,22%. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata dengan ketuntasan belajar 88,88%. Dengan demikian terjawab hipotesis tindakan dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas III SDN 2 Lolan

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Mokodompit, S. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Al-Afuww Kelas III SD Negeri 2 Lolan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 581–592. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5524