PENERAPAN METODE CERITA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AKHLAK KEPADA ALLAH PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Nurhaeni TK Aisyiyah Palanjong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode cerita dalam meningkatkan pemahaman akhlak kepada Allah pada peserta didik di TK Aisyiyah Palanjong. Metode cerita dipilih karena dinilai efektif dalam menyampaikan nilai-nilai moral dan agama kepada anak-anak usia dini melalui pendekatan yang menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pelaksanaan pembelajaran dengan metode cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang akhlak kepada Allah, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat Allah serta menunjukkan perilaku yang mencerminkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, metode cerita dapat menjadi alternatif yang efektif untuk pembelajaran akhlak di TK Aisyiyah Palanjong.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Nurhaeni. (2023). PENERAPAN METODE CERITA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AKHLAK KEPADA ALLAH PADA PESERTA DIDIK . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 810–821. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5529