MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA MATERI ASMAUL HUSNA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Teladan Asmaul Husna dengan menerapkan metode Card sort di kelas IV SDN 52 DUMBO RAYA dengan variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Card sort. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/ pengamatan dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik terus mengalami peningkatan hingga mencapai peningkatan yang signifikan. Deskripsi data tersebut memperlihatkan bahwa sudah ada peningkatan nilai hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada observasi awal (pra siklus) 66 menjadi 72 pada siklus I dan 85 pada siklus II ketuntasan klasikal 39% pada observasi awal naik menjadi 62% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan metode Card sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Teladan Mulia Asmaul Husna .