PENERAPAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Hendra Lanti SDN No. 20 Dungingi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pemberian Reward pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C kelas 5 SDN No. 20 Tahun 2024/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan motivasi observasi dan dokumentasi. Motivasi penelitian diperoleh bahwa penerapan pemberian Reward bermotivasi meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Sebelum diterapkannya pemberian reward pada pra siklus, motivasi belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (40%) yang memenuhi kriteria. Setelah diterapkannya penerapan pemberian reward pada siklus I motivasi observasi meningkat sebanyak 15 siswa (75%) dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa atau mencapai 90% di atas standar kriteria motivasi yang diharapkan. Siswa menjadi lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena penerapan pemberian reward ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.  

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Hendra Lanti. (2021). PENERAPAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 382–397. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5554