PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SDN 97 KOTA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 97 Kota Utara. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi PAI yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran. Media video dipilih sebagai alat bantu pembelajaran karena kemampuannya dalam menyajikan materi secara visual dan menarik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang melibatkan observasi, tes, dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata hasil tes siswa pada setiap siklus, serta respon positif siswa terhadap pembelajaran yang lebih interaktif dan mudah dipahami. Oleh karena itu, media video dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 97 Kota Utara.