MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PUASA RAMADHAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH KELAS III SDN NO. 73 KOTA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Puasa Ramadan di kelas III SDN No. 73 Kota Tengah melalui penerapan metode Index Card Match. Metode ini dipilih karena dapat mendorong interaksi dan kolaborasi antar siswa, serta meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan desain tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Rata-rata nilai sebelum penerapan metode adalah 65, meningkat menjadi 78 pada siklus pertama dan 85 pada siklus kedua. Selain itu, aktivitas dan partisipasi siswa juga menunjukkan perkembangan yang positif. Dengan demikian, penerapan metode Index Card Match terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Puasa Ramadan di kelas III. Penelitian ini merekomendasikan agar metode ini dapat diterapkan pada materi pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.