MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI UKHUWAH KELAS V SDN 2 MOPAIT

Penulis

  • Nela Tompunu SDN 2 MOPAIT

Kata Kunci:

Pemahaman, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Materi Ukhuwah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi ukhuwah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada peserta didik kelas V SDN 2 Mopait. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan model penelitian tindakan Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Data hasil tes pra siklus, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatkan pemahaman yang signifikan. Aktivitas guru dan peserta didik selama pembelajaran di kelas juga meningkat, peserta didik menjadi aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw efektif meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi ukhuwah.

Diterbitkan

2024-09-01

Cara Mengutip

Tompunu, N. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI UKHUWAH KELAS V SDN 2 MOPAIT. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 528–547. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6144