PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH DI SDN 1 INOBONTO I

Authors

  • Khairathul Luthfiyyah SD Negeri 1 Inobonto

Keywords:

PAI, Metode Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan hasil belajar siswa pada Kelas IV di SDN 1 Inobonto I pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pokok pembahasan adalah bagaimana penerapan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyambut usia balig di Kelas IV SDN 1 Inobonto I. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (class action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV, dengan data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan lembar obseservasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (57%) dengan nilai rata-rata 73,00 dan siklus II (100%) dengan nilai rata-rata 80,00. Simpulan dari penelitian ini adalah metode talking stick memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi  Menyambut Usia Baligh di kelas IV SDN 1 Inobonto I, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Luthfiyyah, K. (2024). PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH DI SDN 1 INOBONTO I . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 679–689. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6158