METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI AKU SENANG BERKALIMAH TAYYIBAH DI KELAS III SD NEGERI 1 MOLIBAGU

Authors

  • Sri Wahyuni Burhan SD Negeri 1 Molibagu

Keywords:

pemahaman siswa, metode Make A Match, PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Aku Senang Berkalimah Tayyibah dengan berbagai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri  melalui metode Make A Match. Subjek dari penelitian ini adalah Fase B kelas 3 SD Negeri 1 Molibagu yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Make a Match berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Aku Senang Berkalimah Tayyibah. Pada fase pra-siklus dengan menggunakan pretest, peserta didik memiliki persentase pemahaman rata-rata sebesar 32 %, setelah melakukan tindakan siklus I terjadi peningkatan pesentase sebesar 67%, dan terakhir tindakan siklus II terjadi peningkatan persentase yang sangat signifikan sebesar 99%. Selain itu, pada aktivitas guru pada siklus I terdapat satu indicator yang tidak dilakukan yaitu guru tidak memberikan penjelasan tambahan Ketika peserta didik sedang mempresentasikan hasil diskunya. Kemudian, tindakan siklus II aktivitas guru pada siklus II dilakukn secara keseluruhan. Dan aktivitas peserta didik pada siklus I terdapat satu indicator yang tidak dilakukan yaitu peserta didik tidak   memberikan dukungan atau bantuan kepada teman yang kesulitan. Sedangkan aktivitas peserta didik di tindakan siklus II juga terdapat indicaor yang tidak dilakukan yaitu beberapa peserta didik yang tidak bekerjasama dalam menemukan kartu. Ini menunjukkan kategori “Baik”.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Burhan, S. W. . (2024). METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI AKU SENANG BERKALIMAH TAYYIBAH DI KELAS III SD NEGERI 1 MOLIBAGU. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 162–174. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6183