MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI IMAN KEPADA NABI DAN RASUL ALLAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Muhammad Isnaen Manabung SDN Inpres Kendahe

Keywords:

Hasil belajar, Model pembeajaran PJBL, PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti setelah diterapkannya model pembelajaran project based learning (PJBL) pada peserta didik kelas IV tahun pelajaran 2022/2023. subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Inpres kendahe yang terdiri dari 10 Peserta didik , teknik pengumpulan data menggunakan observasi, guru,peserta didik dan tes . Hasil penelitian diperoleh menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi iman kepada nabi dan rasul Allah. Sebelum diterapkan model PJBL       hasil belajar peserta didik 8 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 67,85 lalu pada tahap siklus 1, 9 peserta didik yang tuntas dengan  nilai rata-rata 80,7 dan pada siklus II digunakan pendekatan project based learning PJBL  terdapat peningkatan 10 peserta didik semuanya tuntas dengan nilai rata-rata 85,5. peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Manabung, M. I. . (2024). MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI IMAN KEPADA NABI DAN RASUL ALLAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 191–204. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6185