MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA MATERI MENGHINDARI PENYAKIT HATI DI KELAS X SMKN 1 TABUKAN TENGAH
Keywords:
hasil belajar, model pembelajaran kooperatif Think Pair Share, Pendidikan Agama Islam, menghindari penyakit hatiAbstract
Jenis penilitian ini adalah penelitian yang bersifat partisipatif dan kolaboratif, penelitian tindakan kelas biasanya dilakukan sendiri oleh si peneliti dan diamati bersama dengan teman sejawat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Menghindari Penyakit Hati melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share.. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik deskritif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus yakni siklus1 dan siklus2 terdiri atas 2 kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalsh peserta didik fase F kelas X SMK Neneri 1 Tabukan Tengah Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 10 peserta didik. Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi Menghindari Penyakit Hati Pada pra siklus sebelum menggunakan Kooperatif Think Pair Share hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 orang dari 10 peserta didik (30 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 63. Setelah menggunakan model Kooperatif Think Pair Share ty pada siklus I yang tuntas sebanyak 7 peserta didik (70 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifkan peserta didik yang tuntas sebanya 9 dari 10 peserta didik (90 %) dengan nilai rata-rata 81. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunakan model Kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajaran peserta didik