Penerapan Metode Talking Stick dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Teks Recount Pada Pembelajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • Warni Wantu

Kata Kunci:

metode talking stick, pemahaman, pembelajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan metode Talking Stick pada siswa MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari: 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode talking stick  terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang dicapai yaitu nilai rata-rata kelas dari  observasi awal sebesar 58,50 dengan kategori kurang paham, pada siklus I meningkat 7,5 yaitu menjadi 66,04 dengan kategori cukup paham. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 13,38 dengan capaian 79,42 dengan kategori paham.  Dengan demikian diharapkan bagi guru diharapkan agar dapat menerapkan metode Talking Stick ini sebagai alternatif atau pilihan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran Bahasa Inggris, dan guru juga bisa menerapkan metode ini pada materi-materi yang bersifat hafalan yang mudah dicerna dan dipahami oleh siswa, agar aktivitas belajar dapat meningkat, sehingga siswa terlihat semangat untuk mengikuti proses pembelajaran.

Diterbitkan

2018-12-01

Cara Mengutip

Wantu, W. (2018). Penerapan Metode Talking Stick dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Teks Recount Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 113–128. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1026

Terbitan

Bagian

Articles