Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ketentuan Sholat Fardhu

Penulis

  • Hamka I. Abdullah Madrasah Tsanawiyah Swasta Hubulo Tapa

Kata Kunci:

Audio-Visual, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTSS Hubulo Tapa pada tahun ajaran 2022-2023 dengan jumlah peserta didik  20 anak. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan  peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan peserta didik, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar murid. Faktor yang diselidiki yakni faktor peserta didik dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% peserta didik memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ketentuan sholat fardhu. Hasil evaluasi awal nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 76,30 dengan prosentase ketuntasan mencapai 60%. Evaluasi pada akhir siklus I nilai peserta didik menunjukan peningkatan menjadi 77,35 dengan ketuntasan mencapai 70%. Pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 80,15 dengan prosentase ketuntasan mencapai 90%. Pencapaian peserta didik pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran untuk materi Ketentuan Sholat Fardhu, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah adalah jika 80% peserta didik memperoleh nilai ≥ 80.

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Abdullah, H. I. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ketentuan Sholat Fardhu. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–66. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4020