Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Satap Maiwa Kabupaten Enrekang

Penulis

  • Muhammad Arafah SMPN 8 Satap Maiwa Kabupaten Enrekang

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMPN 8 Satap Maiwa Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang  terdiri dari dua siklus dengan tiga kali pertemuan dan satu kali evaluasi.  Prosedur penelitian meliputi perencanaan,pelaksanaan observsi dan  evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 20 jumlah siswa 16 orang yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM 75 ), secara  klasikal sudah terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh 83,00, atau  berada pada kategori sedang (baik). Dimana pada siklus II dari 20 jumlah  siswa terdapat 20 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal  (KKM 78) dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata 85,00  atau berada dalam kategori yang tinggi.

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Arafah, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Satap Maiwa Kabupaten Enrekang. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 106–112. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4026