Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII UPT SPF SMP Negeri 44 Bulukumba

Penulis

  • Rahmatiah Rahmatiah SMP Negeri 44 Bulukumba

Kata Kunci:

hasil belajar, model problem based learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menghadirkan shalat dan zikir dalam kehidupan, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D UPT SPF SMPN 44 Bulukumba Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menghadirkan shalat dan zikir dalam kehidupan. Sebelum model pembelajaran problem based learning hasil belajar peserta didik secara klasikal masih belum mencapai maksimal, itu di lihat dari hasil peserta didik pada Pra siklus yaitu pencapaian KKTP hanya (54%) Setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (62%) yang sudah mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 peserta didik (100%) mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Rahmatiah, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII UPT SPF SMP Negeri 44 Bulukumba. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 138–152. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4029