Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Asmaul Husna Al Adzim Al Kabir di Kelas 3.A MI Muhammadiyah Kranggan Polanharjo Kabupaten Klaten

Penulis

  • Aryani Latifaningrum MIM Kranggan Polanharjo Kabupaten Klaten

Kata Kunci:

motivasi belajar, model problem based learning, asmaul husna

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivsi belajar peserta didik pada materi asmaul husna al adzim al kabir melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah fase kelas 3A MI Muhammadiyah kranggan Polanharjo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023, yang terdiri dari 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penyebaran angket. Hasil dari penelitian diperoleh data bahwa model pembelajaran problem based learning berhasil dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi asmaul husna al adzim al kabir. Sebelum di terapkan model pembelajaran problem based learning motivasi belajar masih tergolong rendah dan negative dengan rata-rata nilai 2,49. Setelah di terapkan model pembelajaran problem based learning pada siklus I motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 3,29 atau masuk dalam kategori positif, dan pada siklus II motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 3,56 masuk pada kategori sangat positif. Peserta lebih antusias serta percaya diri dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran ini mendorong peserta diidik untuk aktif dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Latifaningrum, A. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Asmaul Husna Al Adzim Al Kabir di Kelas 3.A MI Muhammadiyah Kranggan Polanharjo Kabupaten Klaten. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 153–163. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4030