Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Projek Based Learning Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IX MTs Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta

Penulis

  • Madjid Tolabidin MIM Kranggan Polanharjo Kabupaten Klaten

Kata Kunci:

hasil belajar, metode Projek Based Learning, Akidah Akhlak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Perintah Agama dalam Menuntut Ilmumata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Projek Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D Kelas 9 MTs Ibnul Qoyyim Putra Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Projek Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode Projek Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 11 siswa (55%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 15 siswa (75%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.9 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.36. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Tolabidin, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Projek Based Learning Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IX MTs Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 164–173. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4031