Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menghindari Akhlak Tercela (Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah Dan Namimah) Pada Siswa Kelas VII MTs Al Kautsar Kota Banjar

Penulis

  • Sumiati MTs Al-Kautsar Kota Banjar

Kata Kunci:

hasil belajar, metode discovery learning, akhlak tercela

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menghindari Akhlak Tercela (hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah) Melalui metode Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D Kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menghindari Akhlak Tercela (Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah dan Namimah).  Sebelum diterapkannya metode Discovery Larning,  hasil belajar siswa secara klasikal terdapat  10 siswa (55,5%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69,9. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 13 siswa (71,3%) yang tuntas dalam pembelajaran. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81,50. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2022-02-02

Cara Mengutip

Sumiati. (2022). Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menghindari Akhlak Tercela (Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah Dan Namimah) Pada Siswa Kelas VII MTs Al Kautsar Kota Banjar. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 113–124. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4050