Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Ar Razzaq Al Wahhab Pada Siswa Fase B MI Ma’arif Grogolan

Penulis

  • Ratnawati Saputro MI Ma’arif Grogolan Kabupaten Boyolali

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Metode Index Card Match, Akidah Akhlak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ar Razzaq Al Wahhab pada mata pelajaran Akidah akhlak melalui metode. Index Card Match Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah fase B MI Ma’arif Grogolan Tahun Pelajaran 2022/2023, yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Index Card Match meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ar Razzaq Al Wahhab. Sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (35.7%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 60.7. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.28 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (85.6%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.5. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2022-02-02

Cara Mengutip

Saputro, R. (2022). Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Ar Razzaq Al Wahhab Pada Siswa Fase B MI Ma’arif Grogolan . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 166–175. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4055