Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MAN 2 Maluku Tengah

Penulis

  • Ratnawati Kuddu MAN 2 Maluku Tengah

Kata Kunci:

Project Based Learning, Sejarah Kebudayaan Islam, Hasil Belajar

Abstrak

Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 MAN 2 Maluku Tengah menggunakan model project based learning. Penelitian dilaksanakan di kelas XII IPS 2 semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang bertempat di MAN 2 Maluku Tengah. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni Apakah Penerapan model project based learning (PJBL) pada mata pelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII IPS 2 MAN 2 Maluku Tengah?”.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian adalah suatu kegiatan penyelidikan yang terorgansir secara sistematis berdasarkan aturan-aturan baku. Tujuan dari suatu penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya. Penelitian tindakan kelas merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengamati kejadian-kejadian dalam kelas untuk memperbaiki praktek dalam pembelajaran agar lebih berkualitas dalam proses sehingga hasil belajar pun menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran yang dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK), dapat disimpulkan bahwa dengan model project based learning mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat dibuktikan dengan hasil yang diperoleh siswa selama kegiatan perbaikan pembelajaran yaitu: Aktvitas siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan model project based learning mengalami peningkatan secara bertahap mulai dari siklus I hingga siklus II. Selain itu kemampuan siswa secara klasikal dari siklus satu dan siklus dua dikatakan meningkat, yaitu pada siklus I   ketuntasan mencapai 47% dan siklus II yang mengalami ketuntasan 77% meningkat dan sudah mencapai indikator ketercapaian secara klasikal yaitu ≥75%. Berdasarkan uraian simpulan diatas, maka hipotesis tindakan terbukti bahwa penggunaan model project based learning pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 MAN 2 Maluku Tengah.

Diterbitkan

2021-02-02

Cara Mengutip

Kuddu, R. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MAN 2 Maluku Tengah. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 79–91. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4083

Terbitan

Bagian

Articles