Ulumul Qur’an dalam Konteks Manajemen Pendidikan

Penulis

  • Atika R. Mohune Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Lian G. Otaya IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Ulumul Qur’an, Manajemen Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini menyajikan konsep manajemen dari sudut pandang Al-Qur’an dan Hadist yang menjadi acuan atau pandangan hidup umat islam. Pendidikan islam mempunyai jalur, tingkatan, dan bentuk yang berbeda- beda dan memerlukan pengelolaan yang tepat. Namun, selalu ada pendapat negatif mengenai manajemen pendidikan islam. Meskipun, al- qur’an memang tidak menyebutkan hal- hal yang berhubungan dengan manajemen secara rinci. Tujuan dari artikel ini menganalisis pentingnya ulumul qur’an dan menemukan ulumul qur’an dalam konteks manajemen pendidikan, metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) yang proses kepenulisannya dengan menggunakan pengumpulan buku- buku termasuk buku- buku online, jurnal serta hasil dari beberapa penelitian terdahulu yang mendukung tema dari kepenulisan ini. Hasil kajian literatur menurut Manna al-Qaththan: Ulumul Quran adalah ilmu yang mencakup pembahasan yang berkaitan dengan al- Qur’an dari sisi informasi tentang asbab al-nuzul (sebab- sebab turunnya al Qur’an), modifikasi dan tertib penulisan al- qur’an, ayat- ayat yang diturunkan di Mekkah (Makkiyah) dan ayat- ayat yang diturunkan di Madinah (Madaniyah), dan hal- hal yang berkaitan dengan al- Qur’an. (Al- Qaththan, 1973:15)

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

R. Mohune, A., Yahiji, K., Anwar, H., & G. Otaya, L. (2023). Ulumul Qur’an dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 271–282. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4785