Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sujud Syukur, Sahwi Dan Tilawah Di Kelas VII SMPN Satap Pomoman

Penulis

  • Indah Wahyu Ningsih SMPN Satap Pomoman

Kata Kunci:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Materi Sujud Syukur

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sujud melalui penerapan metode demonstrasi di kelas VII SMPN Satap Pomoman Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) yang mengikuti model Kemmis dan Taggart, terdiri dari dua siklus dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. Rata-rata nilai siswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua, diiringi dengan peningkatan keterlibatan dan interaksi sosial di dalam kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode demonstrasi, didukung oleh media audiovisual, tidak hanya memperkuat pemahaman konsep, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diterapkan secara luas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Diterbitkan

2023-05-02

Cara Mengutip

Ningsih, I. W. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sujud Syukur, Sahwi Dan Tilawah Di Kelas VII SMPN Satap Pomoman . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 284–294. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5405